SERANGKAIAN KRANIALS 2017

Sabtu, 25 November 2017
Jember – Hari ini, Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember menyelenggarakan salah satu even akbar dalam bidang kesenian yang terangkum dalam acara Kranials. Kranials merupakan wadah untuk mengekspresikan dan mengukur seberapa jauh kemampuan berseni kita dalam suatu kompetisi. Acara yang bertajuk “Midtown : The Forming of Dimentional World” yang diselenggarakan di Lapangan Samping Gedung Soetarjo ini terdiri dari beberapa kompetisi yang dapat diikuti oleh peserta lokal dalam cakupan Universitas Jember dan juga peserta umum diluar Jember. Kompetisi dalam even ini antara lain bazar, lomba band, dan lomba fotografi.
Lomba bazar yang bertajuk “Tumbuhkan Jiwa Kreatifitas dengan Berwirausaha” diikuti oleh peserta lokal yang berasal dari Program Studi Ilmu Keperawatan angkatan 2015-2016. Lomba ini berlangsung sejak dibukanya acara sampai dengan penentuan pemenang di akhir acara. Pemenang dari lomba bazar dinilai berdasarkan kreatifitas dan inovasi dari makanan dan minuman yang disajikan termasuk penilaian terhadap dekorasi serta suasana stan yang juga dinilai oleh para pengunjung dengan pemberian stiker pada stan favorit. Pemenang dari lomba bazar ini adalah kelas A angkatan 2015. Kesan yang disampaikan oleh salah satu perwakilan mengungkapkan rasa syukurnya serta penyangkalannya terhadap kemenangan ini karena sebelumnya terdapat beberapa kendala sebelum acara dimulai.
Selain lomba bazar ada juga lomba fotografi yang diselenggarakan lebih awal daripada lomba lainnya yang tercakup dalam acara ini. Lomba fotografi yang mengusung tema “Nasionalisme Indonesia” membangkitkan antusiasme banyak pemuda untuk ikut berpartisipasi dalam lomba ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya karya yang dikirimkan untuk diikutsertakan dalam perlombaan ini. Setelah penerimaan karya dilakukan penjurian untuk menentukan pemenang yang diumumkan bersamaan dengan perlombaan lainnya di penghujung acara. Pemenang dari lomba fotografi adalah M. Arif Kurniawan dari Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember angkatan 2017 dengan karyanya yang menggambarkan seluruh kecintaan terhadap Indonesia dengan segala kekayaannya. Dalam satu kesempatan, M. Arif Kurniawan memberikan tips untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam fotografi dengan sering berlatih dan meningkatkan motivasi dengan meningkatkan ketertarikan dalam suatu kompetisi untuk mengetahui sejauh mana kualitas hasil jepretannya.
Lomba spesial yang disiapkan oleh Kranials adalah lomba band, dimana lomba ini dibuka untuk peserta se-Jawa Timur. Dengan cakupan yang luas, lomba ini diikuti oleh band yang berasal dari beberapa daerah di luar Jember. Lomba ini dimulai sejak awal acara sampai dengan musyawarah untuk menentukan pemenang lomba band. Pemenang dari lomba band berasal dari Bondowoso dengan nama band “Dynamic” yang merupakan band bentukan baru dengan nama lama. Menurut penuturan dari Dynamic, mereka mengungkapkan rasa syukur atas kemenangan yang mereka raih, mereka tidak menyangka akan menjadi pemenng karena banyaknya kendala dan persiapan yang minim. Dynamic juga memiliki tips untuk megikuti suatu festival atau lomba-lomba lain yang serupa untuk dapat mempersiapkan band dengan semaksimal mungkin untuk dapat mendapatkan hasil yang lebih membanggakan.

Leave a Reply