MARI BER-ECOVAGANZA UNTUK MENCIPTAKAN AGRONURSING

Jember 22 oktober 2017 dari laporan Devi Indah Sari:
Salah satu program kerja dari BEM F.Kep Universitas Jember di bulan oktober ini yaitu Ecovaganza, kegiatan ini di laksanakan selama 2 hari . Untuk hari pertama dilaksanakan pada Sabtu, 21 Oktober 2017 bertempat di Yayasan Darul Aitam berlokasi didaerah Kebon Sari Jember berupa Bakti Sosial, dalam kegiatan ini merupakan Dana Iuaran atau sumbangan dari Mahasiswa angkatan 2017, dari dana yang terkumpul, Alhamdulillah bisa disumbangkan berupa Buku sebnayka 97 buah, Pakaian sebnayak 1 kardus, serta beras sebanyak 25 Kg.

Sedangkan di hari yang kedua bertapatan pada Minggu, 22 Oktober 2017 mengagendakan yaitu berupa Penanaman Pohon, untuk pelaksananya sendiri yaitu Mahasiswa angkatan 2017 yang dibentuk menjadi 20 kelompok, dan disetiap 1 kelompok menanam 1 pohon. Kegiatan ini dilaksanakan di Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Bukan hanya di tanam dan dibiarkan tapi Mahasiswa angkatan 2017 diminta untuk merawat pohon itu selama menjadi mahasiswa di ilmu keperawatan ini.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu pertama Untuk membangun jiwa dan karakter maupun kepribadian dari angkatan 2017 untuk membangun lingkungan sekitar dan alam kita ini, karena di F.Kep Universitas sendiri sesuai dengan Visi maupun Misinya untuk meningkatkan Agronursing karena wilayah Jember ini mayoritas wilayah pertanian sehingga Mahasiswa Angkatan 2017 dan mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember sendiri dipersiapkan untuk bagaimana nantinya bisa terjun ke masyarakat dan menerapkan jiwa Caring disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang ada diperkebunan atau pertanian untuk itu ditekankan bahwa mahasiswa keperawatan adalah Agronursing.

Apa saja kendala dalam kegiatan ini? Tutur Joko Anang Susanto (Angkatan 2015) dan selaku Ketua Pelaksanaan kegiatan ini yaitu Setiap kegiatan memiliki kendala tentunya karena dinamika dalam organisasi, tapi dalam kegiatan ini tidak ada kendala yang begitu berarti hanya ada beberapa kendala teknis dalam persiapan tentang mis komunikasi saja antara panitia dan mahasiswa baru, itu hanya sedikit saja dan tidak terlalu mengganggu dalam jalannya kegiatan ini.

Selain itu Antusiasisme serta semangat dari Angkatan 2017 dalam kegiatan ini sangat di Apresiasi sekali karena kemaren berusaha mempersiapkan acara ini dengan baik, yang pertama mempersiapkan 25 lubang dan itu murni mahasiswa yang membuat jadi mahasiswa mahasiswa yang mencakul dan menggali sendiri serta peralatan-peralatannya mahasiwa yang mengusahakan dari tempat masing-masing, untuk menyiapkan supaya acaranya lancer dalam menanam dan kemudian dalam merawat. Setelah penggalian lubang mahasiswa baru mempersiapkan untuk penampilan agronursing ketika ditampilkan dalam kegiatan pembukaan.

Out put maupun tujuan khususnya untuk Angkatan 2017 sendiri yaitu agar memiliki jiwa caring , dan caring itu untuk masyarakat dan lingkungan. Agar ada keseimbangan disana, bukan hanya merawat pasien tapi ada cinta untuk lingkungan.

Selain itu Out put untuk Lembaga sendiri yaitu sesuai dengan visi dan misi dari instansi yaitu keperawatan yang berbasis agronursing yang sangat erat sekali dalam visi dan misi fakultas keperawatan nantinya,yang akan ditekankan nantinya sebagai cirri khas yang berbeda dari fkep sendiri.

Serta Harapan untuk di tahun depan yaitu untuk mengingat ini acara yang pertama kalinya dan antusias dari mahasiswanya sangat luar biasa, diharapakan angkatan 2018 ini tetap dilaksanakan dengan belajar dari kegiatan dari sekarang harus semakin baik harus ada inovasi-inovasi baru baik dalam kegiatan atau konsep acaranya, mungkin bisa diselingi pemaparan materi tentang penghijauan dan lingkungan, mungkin pembicara memotivasi dalam merawat lingkungan. Dan bagaimana ditingkatkan dalam melaksanakan kegiatannya serta lebih ditekankan mahasiswa yang berkecimpung di pelaksanaanya.

Leave a Reply