Persembahan Juara Jambore Kesehatan Jiwa untuk F.Kep Unej

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Nasional yang jatuh pada per tanggal 10 oktober maka dari perkumpulan tenaga kesehatan jiwa di provinsi Jawa Timur membentuk agenda salah satunya yaitu kegiatan Jambore Kesehatan Jiwa, kegiatan ini sudah berlangsung pertama kalinya terbentuk pada tahun 2016 kemaren dan bertepatan terselenggara di Jombang, dan pada tahun 2017 ini terselenggara di Madiun.
Dalam kegiatan ini bertepatan pada tanggal 13-14 oktober 2017 yang bertempat di Bumi Perkemahan RS Paru Dungus Madiun di ikut sertai oleh dari beberapa kontingen kabupaten/kota, tim tenaga kesehatan dan ODGJ, serta dari Akademisi kesehatan di seluruh Jawa Timur diantaranya Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Jombang, Malang, Lamongan, Madiun, dll. serangkain acara yang bertemakan “Martabat dalam Kesehatan Jiwa: Mari Bersama untuk Peduli dan Berbagi Kasih Sayang” mengajak peserta untuk saling mengenal dan berinteraksi ke sesama peserta lainnya, selain itu dalam kegiatan ini juga terdapat lomba baik dari kontingen kota/kabupaten, tenaga kesehatan dan ODGJ, serta dari akademisi, untuk lomba diantaranya Hias Bumi Perkemahan, Out Bound, Proposal Kegiatan, Poster, Kreativitas Seni Daerah, Cipta Karya ODGJ, Cipta MARS Kesehatan Jiwa, dan Yel-yel. selain itu terdapat juga Senam Sehat serta seminar tentang kesehatan jiwa salah satunya yang disampaikan oleh Prof. Dr. Budi Anna Keliat,(Guru Besar FIK UI).
Dalam memperingati hari kesehatan jiwa tersebut Fakultas Keperawatan Universitas Jember mengirimkan TIM Perwakilannya yaitu Ns. Enggal Hadi, M.Kep, Nilam Ganung P.M (Angkatan 2014), Alvin Ferdian P (Angkatan 2015), Salis Fajar Dakhoir (Angkatan 2015), dan Siti Qomariyah (Angkatan 2015) untuk mengikuti kegiatan tersebut. Meskipun dengan persiapan yang belum matang dikarenakan kendala waktu dan proses belajar di bangku perkuliahan, Alhamdulillah TIM ini berhasil tembus dan membawa Juara 2 untuk Kategori Lomba Poster dan Juara 3 untuk kategori Seni Kreativitas Daerah. Apresiasi ini tidak lepas dukungan sepenuhnya baik secara materil maupun non materil dari Ns. Erti Ikhtiarini D, M.Kep., Sp.J dan Ns. Emi Wuri Wuryaningsih, M.Kep., Sp.J.

Sampai bertemu di tulisan berikutnya Inshaa Allah Jambore Kesehatan Jiwa 2018 di Lamongan.

Penulis : Siti Qomariyah (Redaksi UKM Zoners)

Leave a Reply